Kamis, 07 Februari 2013

SALAK PONDOH WRINGIN LOR

  
kawan-kawan di dunia jika ingin membeli salak beli saja di kampung Wringin Lor.
  salaknya bagus bagus lho,, harga juga terjangkau.. dijamin.
buaruan beli salak di orang-orang di kampung Wringin Lor, Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta 55582 
http://wringinlorcity.blogspot.com

Memanen Salak Pondoh di Lereng Merapi

buah salak pondoh
Untuk pertama kalinya, saya merasakan bagaimana kenikmatan memanen buah salak. Pengalaman yang sangat menyenangkan ini, saya alami saat berada di Jogjakarta pada pekan lalu.

Berawal ketika seorang teman mengajak mampir ke rumah sanak saudaranya di Kabupaten Sleman, yang masuk dalam area lereng gunung Merapi. Rupanya, di depan rumahnya ada kebun Salak Pondoh. Tidak luas memang. Saya perkirakan, luasnya sekitar 200 meter persegi. Menurut Ibu Madhuri, Bu De dari teman tadi, kebun yang lebih luas mereka miliki di luar desa. “Yang lebih luas ada di sawah. Tidak jauh dari rumah,” kata Ibu Madhuri saat berbincang-bincang di teras rumah.

Ia pun mengajak saya ke kebun Salak Pondoh yang ada di depan rumah tadi. Sambil memetik buah salak yang sudah bisa dipanen, Bu Madhuri berbagi cerita mengenai pengalaman bercocok tanam buah Salak.

“Saat ini, harga salak di sini sekitar Rp 4.000 perkilo. Ini termasuk yang mahal. Yang paling mahal pernah mencapai Rp 6.000 perkilo. Harga memang tidak pernah stabil. Bahkan, suatu saat, harga pernah hanya Rp 900 perkilo. Padahal, petani akan mencapai titik impas biaya produksi pada harga Rp 2.000 perkilo,” cerita bu Madhuri di tengah pohon-pohon salak yang tinggi tersebut.

Sambil mendengar cerita soal harga tadi, pikiran saya melayang ke Jakarta. Kalau tidak salah, saat ini harga Salak Pondoh di tukang buah mencapai Rp 12.000 perkilo. Bahkan, kalau membelinya di supermarket, harganya bisa mencapai Rp 15.000. Saya memang termasuk orang yang agak sering membeli salak pondoh, sehingga hapal fluktuasi harganya di tingkat pengecer di seputaran Jakarta.

Mahalnya harga Salak Pondoh saat ini, bisa jadi akibat letusan Gunung Merapi, akhir tahun lalu. Perkebunan Salak memang salah satu usaha yang cukup parah terkena dampak letusan. Pasalnya, Perkebunan Salak Pondoh umumnya berada di Kabupaten Sleman, yang berada di zona lereng Gunung Merapi.

Hasil pantauan saya, beberapa ratus meter lagi ke atas dari rumah bu Madhuri, semua areal di sana memang telah habis terkena erupsi Gunung Merapi. Saya mendapati beberapa perkebunan salak yang telah rusak, atau bahkan kering, yang mungkin disebabkan oleh awan panas merapi kala itu.

Menurut pemerintah, kerugian yang dialami oleh petani Salak pondoh di Jogjakarta akibat erupsi Gunung Merapi sekitar Rp 200 miliar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar